Tangerang, 16 Oktober 2017 – The International Civil Aviation Organization (ICAO) yang berada langsung dibawah naungan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan kunjungan audit ke Indonesia. Berkantor pusat di kota Montreal, Quebec, Kanada, Dewan ICAO bertugas untuk mengawasi prinsip dan teknik navigasi udara internasional serta mendorong dan mengembangkan serta memastikan transportasi udara internasional yang aman dan tertib.

Diwakili oleh Bapak Louis Kweku Opuku selaku Auditor ICAO untuk International Standards and Procedures – ICAO Universal Safety Oversight Audit Programme, melakukan kunjungan ke fasilitas Jakarta Aviation Training Center. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai salah satu rangkaian ICAO Audit untuk fungsi pengawasan keselamatan transportasi udara di Indonesia.

Dalam kapasitasnya di dalam mengawasi tingkat keselamatan penerbangan sipil suatu negara, ICAO memetakan 8 (delapan) aspek keselamatan udara, termasuk di Indonesia, di mana salah satu dari 8 aspek tersebut adalah Personal Licensing. Untuk Personal Licensing, ICAO menunjuk JATC untuk dijadikan pihak yang mewakili Indonesia guna dilakukan konfirmasi dan verifikasi untuk mengukur tingkat compliance pada aspek Personal Licensing dimaksud.

“Suatu kehormatan bagi JATC telah dipilih oleh ICAO untuk dikunjungi serta melihat langsung untuk melakukan survei dan verifikasi. Bagi JATC, kualitas mutu (Quality) dan keamanan (Safety) adalah bagian dari nilai yang kami terapkan sehari-hari, sehingga kami cukup yakin bahwa JATC telah memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan oleh ICAO. Dan kami juga bangga, JATC bisa mewakili Indonesia pada kesempatan USOAP (Universal Safety Oversight Audit Programme) dari ICAO. Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan yang melekat selama ini dari DKPPU (Direktorat Kelaikanudara dan Pengoperasian Pesawat Udara) serta Direktorat Navigasi Penerbangan yang menaungi JATC,” kata Bapak Arif Syafrie selaku Presiden Direktur Jakarta Aviation Training Center (JATC).

Tentang JATC (Jakarta Aviation Training Center):

JATC adalah lembaga penyedia pelatihan penerbangan yang independen dan didirikan pada tahun 2010. Berlokasi dekat Bandara Internasional Soekarno – Hatta, dilengkapi oleh peralatan yang modern, tim yang berkompeten serta para intruktur pelatihan yang terlatih dan bersertifikasi dan para ahli engineers yang bekerja selama 24/7 untuk memastikan pelayanan terbaik yang diberikan untuk masing-masing individu yang dilatih. Saat ini JATC menyediakan Type Rating Pilot Training untuk A320 dan B737NG, Wet Lease, Dry Lease, Differences Training, ATPL, Jet Orientation Course dan Aviation English. JATC juga menyediakan pelatihan yang berhubungan dengan navigasi udara berdasarkan sertifikasi Part-143. Pada bulan Mei 2017, JATC secara resmi bergabung dengan PT Cardig Aero Services Tbk (CAS Group), sebagai salahsatu penyedia layanan transportasi udara terbesar di Indonesia.

Tentang PT Cardig Aero Services Tbk (CAS Group):

Salahsatu unit usaha CAS Group adalah PT Jasa Angkasa Semesta (JAS), didirikan tahun 1984 guna memenuhi kebutuhan jasa dirgantara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemudian, pada tahun 2004, PT JAS Aero Engineering (JAE) dan ditahun 2011, CAS Group memulai penawaran saham perdana kemasyarakat serta mendirikan CASC. Pada tahun 2012, CAS Group melakukan investasi pada kepemilikan perusahaan jasa boga (PMAD) dan manajemen fasilitas CASB.

Pada tahun 2014, CAS Group melakukan peluncuran identitas baru dan meluncurkan program sinergi lintas bidang usaha, serta memperkuat kontrol terhadap entitasnya. Pada tahun 2016, CAS Destination telah melayani 68.093 penerbangan dengan 21.620.705 penumpang pesawat terbang dan 274.738 ton kargo di Indonesia. CAS Destination sendiri membawahi dua entitas yaitu PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) yang bergerak dibidang Cargo Handling & Ground Handling dan PT JAS Aero Engineering (JAE) yang bergerak dibidang Line Maintenance.

Sementara CAS Food telah memproduksi 7.654.730 makanan ditahun 2016 dan membawahi dua entitas yaitu PT Purantara Mitra Angkasa Dua (PMAD) yang bergerak dibidang In-Flight Catering dan PT Cardig Anugrah Sarana Catering (CASC) yang bergerak dibidang Industrial Catering.

Dan selanjutnya PT CASB yang bergerak dibidang Facility Management telah melayani 89 klien ditahun 2016. Pada bulan Mei 2017, CAS Group telah melakukan akuisisi Jakarta Aviation Training Centre (JATC).

Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

Corporate Secretary CAS Group
PT Cardig Aero Services Tbk
Menara Cardig, Lantai 3
Jln. Raya Halim Perdanakusuma, Jakarta – 13650
E: corporatesecretary@pt-cas.com
T: +62 21 8087 5050
Hp: +62 812 10630499 (Arief)